Benih Harga Murah, Tapi Gak Murahan



Wew, dari judul diatas kok jadi bingung yah? sesuai dengan pasar, biasanya harga murah pasti ada yang dikorbankan oleh si produsen. Ada harga ada rupa, harga mahal belum tentu bagus, tapi harga murah bisa buat curiga.

Dengan ketatnya persaingan bibit saat ini, membuat pemijah berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Dari sekian banyak pemijah, ada yang tetap mempertahankan harga tinggi dengan kualitas yang baik. Ada juga yang memilih untuk menurunkan harga tetapi kualitas rendah. Biasanya penurunan kualitas itu ada di point - berikut.

1. Bibit Dari Indukan Yang Kurang Baik
Indukan ikan yang baik akan menghasilkan benih ikan yang baik pula. Dengan benih ikan yang baik akan menghasilkan pencapaian maksimal dari panen ikan itu sendiri. Menurut pengalaman kami bibit yang baik akan mempercepat dan penyeragaman hasil panen.

2. Ukuran Yang Tidak Seragam
Poin ini juga sangat berpengaruh, karena ketidak seragaman bibit, maka bibit yang lebih kecil akan sulit bersaing dengan bibit yang besar. Dan akan menyulitkan kita saat penyortiran nanti.

3. Jumlah Yang Tidak Tepat
Biasanya ini terjadi karena kurang pengetahuan dari pembibit sendiri atau malas untuk menghitung kembali. Dengan jumlah bibit yang tepat, maka kepercayaan konsumen akan tertanam secara sendirinya. Tapi kebiasaan petani pembeli (termasuk saya) malas untuk menghitung ulang bibit yang telah diterima. Itulah kelemahan yang sering dipakai oleh penjual bibit ikan.

4. Standart Operating Procedure Yang Tidak Sesuai
Untuk mengurangi cost/biaya Standart Operating Procedure biasaya yang jadi korban. Salah satunya menekan biaya pakan, kesulitan mencari casut, atau mahalnya spirulina, MEM dan lain-lain membuat ikan yang seharusnya makan 2x sehari menjadi 1x sehari. Atau biar 2x sehari tapi jumlah yang diberikan tidak mencukupi untuk pertumbuhan ikan. Sehingga bibit ukuran 3-4 umur 3-4 minggu jadi 5-6 minggu. Itu akan membuat ikan "tua" di pembibit.

Hal tersebut seharusnya lebih diperhatikan oleh pembeli bibit ikan. Karena berharap mendapat untung banyak malah jadi tekor.


Referensi :
- pengalaman pribadi
- Surya Mina Farm, www.bibitikan.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar